Kelebihan dan Kekurangan Virtual Office

Kelebihan dan Kekurangan Virtual Office

Saat ini, sudah ada banyak sekali orang – orang kreatif yang memulai bisnis dan memenuhi syarat syarat mendirikan perusahaan atau menjadi seorang freelancer. Dengan kemudahan dan perkembangan teknologi, tentu saja saat ini segalanya menjadi lebih mudah. Salah satu nya adalah dengan munculnya Virtual Office yang banyak diminati oleh para freelancer.

Apa Itu Virtual Office?

Virtual Office merupakan suatu ruang kerja yang virtual atau tidak nyata karena bentuknya yang kecil dan tidak luas. Jika ruang kerja pada kantor biasa memiliki bangunan yang tetap dan luas, maka tentu saja berbeda dengan virtual office. Virtual office memiliki tempat kerja yang relatif kecil namun ditata sedemikian rupa agar nyaman ketika digunakan.

Saat ini, sudah ada banyak sekali virtual office terlengkap dan murah yang bermunculan di beberapa kota besar seperti Jakarta, Bandung dan kota – kota besar lainnya. Alasan Virtual Office ini begitu diminati oleh para freelancer karena Virtual Office memberikan suasana baru, lebih nyaman dan lebih tenang.

Bagaimana Cara Kerja Virtual Office?

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, Virtual Office merupakan kantor tidak nyata, dan kantor ini bisa digunakan oleh siapa saja. Jika ada sebuah perusahaan atau seseorang yang ingin menggunakannya, maka mereka harus menyewa terlebih dahulu kepada penyedia layanan kantor virtual dengan beberapa paket ruangan yang bisa dipilih sesuai durasi waktu yang dibutuhkan.

Biasanya, di Virtual Office terdapat beberapa ruangan yang bisa digunakan, seperti Aula Umum, Ruang Kerja Eksklusif, dan juga Ruang Rapat. Biasanya aula umum bisa disewa selama beberapa jam dan terdapat banyak kursi dan meja dengan beberapa colokan listrik.

Selain menyediakan tempat kerja, penyedia layanan Virtual Office juga sudah pasti menyediakan layanan akses internet dan listrik, bahkan mereka juga biasanya menyediakan proyektor, mesin printer dan mesin fotokopi di ruangan kerja yang lebih eksklusif.

Kelebihan Penggunaan Virtual Office

Sudah ada banyak sekali Virtual Office terlengkap dan murah yang bermunculan di kota – kota besar. Tentu saja hal ini bukanlah tanpa alasan karena Virtual office memiliki beberapa kelebihan yaitu:

  1. Menghemat Biaya Operasional Kantor

Memiliki kantor sendiri tentu saja membutuhkan biaya yang besar untuk membangunnya, selain itu, biaya listrik dan air tentu akan membengkak jika pegawainya banyak. Dengan menggunakan Virtual Office, semua biaya tersebut sudah masuk kedalam biaya sewa sehingga anda tidak perlu memikirkan hal ini lagi.

Selain itu, sudah dikatakan sebelumnya jika penyedia layanan Virtual Office sudah menyediakan koneksi internet untuk keperluan penyewanya. Selain itu hal – hal seperti kursi, meja, ac dan peralatan – peralatan kantor lainnya sudah disediakan sehingga anda hanya perlu datang ke Virtual Office dan bekerja, tidak perlu menyiapkan ini itu lagi.

  1. Bisa Berganti Kantor

Keuntungan lain yang bisa didapatkan dari penggunaan virtual office adalah bisa berpindah – pindah tempat kantor. Anda bisa berpindah ke kantor baru yang lebih nyaman dan kondusif jika merasa kantor yang sebelumnya kurang nyaman.

Tentu saja hal ini berbeda dengan perusahaan yang memiliki kantor tetap. Perusahaan yang memiliki kantor tetap tentu saja akan kesulitan jika akan pindah kantor karena memerlukan biaya yang besar. Jika anda menggunakan Virtual Office, anda bisa berpindah kapan saja dan dimana saja tanpa terikat dengan biaya yang besar dan disesuaikan dengan kondisi yang diinginkan.

  1. Meningkatkan Gengsi Perusahaan

Memang, jika memiliki kantor sendiri mampu meningkatkan gengsi dan citra dari perusahaan tersebut. Namun beberapa penyedia layanan Virtual Office memiliki kelebihan yaitu bisa menggunakan alamat dari Virtual Office tersebut menjadi alamat resminya meskipun kantornya hanya satu ruangan saja.

Saat ini, dengan berkembangnya teknologi informasi, segala hal menjadi lebih mudah. Dalam bekerja saja anda bahkan tidak perlu bertatap muka setiap hari. Pegawai dan atasan bisa berkomunikasi dan berdiskusi dengan mudah bahkan hanya bermodalkan smartphone. Karena itulah, saat ini banyak perusahaan yang tidak khawatir dalam merekrut pegawai.

Munculnya Virtual Office juga tentu saja sangat membantu perusahaan – perusahaan baru, karena mereka tidak perlu mengeluarkan biaya operasional yang besar.

  1. Lebih Diminati Klien

Setiap klien tentu saja memiliki cara pandang dan pikiran yang berbeda – beda. Kebanyakan klien memang lebih mengutamakan impresi pertama ketika melihat perusahaan, karena banyak yang beranggapan dan takut tertipu jika perusahaan tersebut merupakan perusahaan palsu dan abal – abal seperti misalkan saja banyak perusahaan palsu jasa biro perjalanan wisata. Namun, ada juga klien yang lebih mementingkan hasil akhir. Perusahaan yang mendapatkan klien ini tentu saja tidak perlu bingung dengan masalah tempat kerja karena sudah dikatakan sebelumnya, terdapat juga Virtual Office yang bisa digunakan sebagai alamat resmi perusahaan.

  1. Hemat Waktu

Kota – kota besar seperti Jakarta, Bandung dan lain sebagainya tentu saja akan selalu dipadati oleh berbagai kendaraan, sehingga bisa saja kita terlambat karena terjebak macet lalu lintas. Menggunakan Virtual Office tentu saja akan sangat memudahkan suatu perusahaan, apalagi freelancer. Anda hanya perlu mencari Virtual Office terdekat yang memiliki working space yang cukup untuk anda dan pegawai anda, sehingga anda tidak perlu lagi khawatir terlambat dalam mengerjakan proyek yang sedang anda lakukan.

Kekurangan Virtual Office

Meskipun Virtual Office memiliki banyak kelebihan, namun tentu saja terdapat beberapa kekurangan yang bisa dilihat dari penggunaan Virtual Office

  1. Hubungan Antar Karyawan Kurang Dekat

Kekurangan yang paling utama dari penggunaan Virtual Office adalah kurang baiknya komunikasi. Meskipun pegawai bisa terhubung dan berkomunikasi secara virtual, namun sudah pasti ikatan antar pegawainya kurang baik. Karena itulah, perlu dilakukan pertemuan rutin, baik itu 1 bulan sekali bahkan minimal 6 bulan sekali agar keakraban antar pekerja bisa terjaga dan perselisihan juga kesalahpahaman bisa dihindari.

  1. Terkadang Kurang Fokus

Virtual Office terdapat coworking space, sehingga bagi anda yang sulit fokus, akan sulit untuk bekerja di tempat yang dipenuhi kerumunan orang. Apalagi jika anda seseorang membutuhkan ruangan sepi. Namun tentu saja terdapat Virtual Office yang menyewakan Private Virtual Office bagi anda yang ingin fokus dalam bekerja.

  1. Waktu Kerja Terkadang Disepelekan

Kalau masalah ini tentu saja ada pada diri kita sendiri. Namun biasanya, mereka yang melakukan pekerjaan secara jarak jauh sering menyepelekan waktu bekerja dan melakukan pekerjaan sesuai dengan keinginan, baik itu ketika malam hari atau siang hari. Bagi yang seorang freelancer seperti jasa pembuatan pt di Jakarta mungkin memiliki keuntungan yaitu yang penting beres. Namun bagi yang bekerja di perusahaan, tentu saja bekerja tepat waktu harus tetap diterapkan.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan yang bisa anda lihat dari penggunaan Virtual Office. Kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya tentu saja harus menjadi bahan pertimbangan. Selain itu, terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti lokasi dari Virtual Office itu sendiri, lalu system perusahaan, fasilitas virtual office terlengkap dan termurah juga sebagainya. Semoga informasi Virtual Office diatas bermanfaat.

Leave a Reply

Close Menu