Manfaat Virtual Office di Masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi dan Tips Memilihnya

Manfaat Virtual Office di Masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi dan Tips Memilihnya – Sejumlah perkantoran sudah menerapkan PSBB transisi bagi para karyawannya untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19.

Kondisi tersebut membuat pengusaha Start Up/UMKM yang baru mulai mengalami kendala dan mulai beralih menggunakan konsep virtual office, guna menghemat anggaran.

Konsep kantor virtual ini biasanya diminati oleh perusahaan startup yang baru merintis bisnis. Berikut manfaat adanya kantor virtual selama masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi :

Hemat Biaya

Apabila Anda memilih virtual office, Anda tak perlu lagi membayar biaya instalasi (listrik, air, telepon, internet dan lainnya) atau perlengkapan (meja, kursi, dll). Dengan begitu, Anda bisa menghemat anggaran karena biaya yang dikeluarkan untuk virtual office sudah mencakup seluruhnya, serta setiap penambahan layanan akan dibayar sesuai dengan yang digunakan.  

Tetap Produktif Selama PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi

Penggunaan virtual office di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi akan membuat produktivitas kerja bertambah. Lain halnya dengan kantor konvensional, di virtual office ini Anda bisa bekerja di mana saja yang membuat anda nyaman. Kondisi demikian akan menambah ide-ide kreatif yang Anda miliki.

Lokasi Strategis

Tak sedikit virtual office yang berada di kawasan bisnis. Hal ini tentu mempunyai nilai prestisius dan bisa meningkatkan nilai jual bisnis dan membangun brand perusahaan.

Dengan lokasi strategis, para pelanggan akan lebih yakin ketika menyebutkan lokasi perusahaan. Lokasi yang strategis akan memudahkan Anda melakukan branding yang baik bagi produk perusahaan, baik untuk pelanggan, partner bisnis, atau pun pada investor bisnis.

Tidak Terjebak Macet

Salah satu manfaat virtual office adalah bebas macet. Anda tak perlu repot-repot datang ke kantor setiap pagi dan melawan kemacetan. Anda tetap dapat bekerja meskipun sedang berada di rumah.

Hal ini juga bisa meminimalisir bepergian ke kantor. Dengan begitu, waktu berjam-jam di jalan bisa diminimalisir.

Kontrak Fleksibel

Berbeda dengan kantor konvensional, pemanfaatan virtual office di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi diikat dengan kontrak yang panjang. Umumnya, masa kontrak minimum yang dikenakan untuk kantor virtual adalah dua belas bulan.  

Sebelum menyetujui kontrak, pastikan Anda mempelajari proses korespondensi antara penyedia jasa terhadap konsumen. Selain itu, pelajari juga jenis paket yang ditawarkan agar Anda tidak dikenakan biaya tambahan di kemudian hari.

Fasilitas Lengkap

Jika Anda ingin memilih virtual office, Anda akan mendapatkan berbagai keuntungan, salah satunya adalah fasilitas yang lengkap. Fasilitas lengkap dan modern seperti resepsionis, meeting room, bantuan layanan sekretaris, telepon kantor, fax, hingga pesan voice mail akan Anda dapatkan.

Anda juga akan merasakan efektivitas anggaran yang seharusnya dikeluarkan untuk membangun kantor/tempat usaha atau membayar sewa dan biaya lainnya seperti air, listrik, dan telepon. Sebab, biaya-biaya tersebut tidak perlu dilakukan lagi karena sudah dalam satu biaya utuh.

Nah, untuk memilih virtual office yang tepat, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut:

Lokasi

Hal utama dalam menentukan virtual office di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi adalah mencari lokasi virtual office yang strategis. Sebab, hal ini penting untuk meningkatkan kredibilitas perusahaan. Sebaiknya pilih virtual office yang terletak di kawasan Central Business District (CBD) atau sesuai ZONASI.

Cek Zonasi Usaha Di Sini

Fasilitas    

Perhatikan dengan detail fasilitas yang ditawarkan oleh penyedia jasa virtual office tersebut. Sebaiknya pilih virtual office yang menyiapkan berbagai fasilitas yang lengkap, seperti call center, notifikasi pesan telepon, menerima dan memindai surat, akses internet, hingga layanan resepsionis khusus untuk menjawab panggilan telepon atas nama perusahaan penyewa.

Persyaratan

Alangkah baiknya Anda mempelajari dengan seksama mengenai syarat dan ketentuan dari pihak penyedia kantor virtual sebelum menyewa. Misalnya mengenai proses korespondensi antara penyedia jasa dengan konsumen. Pelajari pula paket yang ditawarkan, agar tidak ada dikenakan biaya tambahan di kemudian hari.

Harga   

Anda juga perlu membandingkan harga sewa virtual office yang satu dengan yang lainnya. Harga yang diberikan tentu berbeda-beda, sesuai dengan fasilitas Anda inginkan atau sesuai kebutuhan Anda.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari virtual office di masa PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) Transisi. Pemanfaatan kantor virtual tersebut akan membuat pekerjaan Anda di kantor tetap berjalan dengan semestinya.

Leave a Reply

Close Menu