You are currently viewing Keunggulan Jalani Bisnis Affiliate Marketing Saat Pandemi

Keunggulan Jalani Bisnis Affiliate Marketing Saat Pandemi

Keunggulan Jalani Bisnis Affiliate Marketing Saat Pandemi – Saat wabah Corona belum mereda, pemerintah menganjurkan untuk lebih banyak beraktivitas di rumah. Hal ini membuat sebagian besar masyarakat berusaha mencari solusi agar tetap bisa memiliki penghasilan walau dari rumah.

Salah satu ide usaha yang bisa Anda lakukan adalah affiliate marketing. Ini merupakan suatu bisnis yang diperuntukkan bagi Anda yang memiliki modal terbatas. Selain itu, bisnis ini juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang belum memiliki produk untuk dijual atau ditawarkan.

  • Cara Kerja Affiliate Marketing

Untuk menjalankan bisnis yang satu ini, Anda akan membutuhkan modal berupa HP android dan kuota internet. Kedua alat ini diperlukan untuk mempromosikan produk atau jasa secara online. Jika Anda berhasil menjual produk atau jasa tersebut, maka Anda akan mendapatkan fee atau komisi.

Untuk persentase komisi tergantung kebijakan dari perusahaan pemilik produk. Intinya, affiliate marketing merupakan tipe usaha yang dijalankan dengan sistem pembayaran atas jasa seseorang yang berhasil menjual produk milik orang lain.

  • Keunggulan Affiliate Marketing

Satu hal yang jarang disadari oleh sebagian besar masyarakat adalah, pendapatan yang diperoleh dari bisnis affiliate marketing bisa melebihi penghasilan karyawan kantoran. Hal ini tidak dipungkiri sebab terdapat beberapa keunggulan saat menjalani profesi sebagai affiliate marketer. Keunggulan-keunggulan tersebut diantaranya adalah:

  • Biaya Awal Terjangkau

Untuk menjadi seorang affiliate marketer, Anda tidak perlu pusing memikirkan modal awal yang besar. Sebab, pada bisnis yang satu ini biaya pendaftarannya lumayan terjangkau, bahkan ada pula yang gratis.

Anda hanya diwajibkan untuk melakukan pendaftaran pada affiliate networks yang tersedia untuk mendapatkan link khusus. Walaupun demikian, ada sebagian perusahaan yang mewajibkan para affiliate marketer untuk melakukan pembelian produk tertentu sebelum melakukan promosi.

  • Mudah Dijalankan

Keunggulan yang ada pada usaha affiliate marketing ini adalah kemudahan dalam menjalankannya. Anda hanya perlu menawarkan produk tersebut secara online dan mencantumkan link atau banner iklan yang merujuk ke website merchant.

Target yang harus Anda capai adalah membuat calon konsumen melakukan klik pada link atau banner tersebut ketika membeli produk yang Anda tawarkan. Ketika semua proses selesai, maka Anda sebagai affiliate marketer akan mendapatkan komisi.

  • Produk Tidak Terbatas

Sebagai seorang affiliate marketer, Anda bisa menjual produk atau jasa apa saja yang ada di affiliate networks. Bahkan, Anda pun bebas untuk menawarkan beberapa produk atau jasa dari beberapa perusahaan. Misalnya, menawarkan produk fashion muslimah, minuman herbal, alat-alat kesehatan, dan sebagainya.

  • Tidak Butuh Lisensi

Umumnya, untuk mendirikan sebuah usaha konvensional membutuhkan lisensi yang resmi. Berbeda dengan bisnis affiliate marketing yang target pemasarannya tidak terbatas. Jadi, Anda bebas untuk bergabung dan berjualan di area mana saja yang Anda inginkan tanpa harus mengurus izin resmi terlebih dahulu.

  • Tidak Perlu Produksi Barang

Keunggulan menjadi seorang affiliate marketer adalah, Anda tidak perlu repot untuk memproduksi barang yang akan ditawarkan kepada calon konsumen. Sebab, produk tersebut sudah disediakan oleh pemilik produk.

  • Tidak Perlu Stok Barang

Keunggulan lainnya yang bisa Anda rasakan adalah tidak perlu bingung untuk menyediakan atau stok barang. Sebab, tugas Anda sebagai seorang affiliate marketer hanya menawarkan produk atau jasa dengan bahan promosi dari pemilik produk seperti foto, banner, atau video produk.

  • Tidak Perlu Tambahan Karyawan

Untuk menjalankan bisnis yang satu ini, Anda bisa melakukannya secara mandiri tanpa bantuan karyawan. Misalnya, karyawan untuk layanan jasa customer service, jasa pengiriman barang, dan sebagainya.

Sebab, semua itu akan diurus oleh pihak pemilik produk. Intinya, Anda hanya perlu mendatangkan traffic hingga terjadi pembelian di website milik perusahaan tempat Anda bergabung sebagai affiliate marketer.

  • Tidak Perlu Kirim Barang

Dikarenakan tidak perlu stok barang, secara otomatis Anda pun tidak perlu melakukan pengiriman barang. Ketika calon customer Anda melakukan pembelian, Anda hanya perlu menunggu hingga proses pembayaran selesai. Tahap berikutnya mulai dari packing hingga pengiriman barang merupakan tugas dari pemilik produk.

Dalam menjalani bisnis affiliate marketing, Anda akan menemukan berbagai keunggulan dari bisnis yang satu ini. Mulai dari minimnya biaya pendaftaran, cara berjualan yang mudah, tidak harus membeli produk, menyetok, maupun mengirim barang. Hanya dengan melakukan promosi, share link, dan tunggu calon customer klik link yang Anda bagikan, Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lumayan menjanjikan.

Jika kedepannya usaha anda sudah berkembang, sebaiknya buatlah legalitas untuk usaha anda. Apa saja kelebihan saat usaha anda memiliki legalitas usaha?

Simak di artikel berikut : Kelebihan saat usaha anda memiliki legalitas usaha