You are currently viewing Pentingnya Sebuah Legalitas PT Agar Mendapat Perlindungan Hukum

Pentingnya Sebuah Legalitas PT Agar Mendapat Perlindungan Hukum

Dengan berbagai alasan, masih banyak pengusaha yang belum memprioritaskan legalitas PT.

Alasannya beragam, seperti biaya mahal, rumit, atau keinginan untuk mendahulukan hal lain.

Padahal jika kita mau menelusuri, keuntungan memiliki legalitas PT sangat banyak. Bahkan, juga sangat berkontribusi besar terhadap pengembangan perusahaan itu sendiri.

7 Alasan Mengapa Kamu Harus Memiliki Legalitas Usaha

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas apa saja keuntungan memiliki legalitas PT. Tujuannya untuk menghindarkan kamu dari penyesalan di kemudian hari karena terlambat menyadari pentingnya legalitas usaha.

Di era sekarang ini, mengurus legalitas PT bukan lagi hal sulit. Apalagi dengan adanya cara daftar PT melalui jasa pembuatan PT.

Berikut 7 poin keuntungan memiliki legalitas badan usaha:

1. Menunjukkan Kredibilitas Pemilik PT

Memiliki PT yang sudah memiliki legalitas, secara otomatis menunjukkan diri kamu sebagai pengusaha yang taat hukum. Kesan ini sangat penting bagi seorang pengusaha agar tampak kredibel.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika modal awal untuk mendirikan PT digunakan untuk mengurus perizinan. Dengan demikian, kamu bisa memperkenalkan usahamu dalam status legal.

Saat ini, jasa pembuatan PT sudah ada di mana-mana, tak terkecuali di kotamu. Dengan demikian, pengusaha bisa lebih leluasa memilih harga yang sesuai.

2. Memiliki Payung Hukum

Legalitas menjadi keamanan usaha dari upaya-upaya pembubaran yang mungkin terjadi. Misal, karena adanya upaya penjatuhan oleh kompetitor maupun komplain dari pihak lain.

2. Memudahkan Ekspansi Bisnis

Keberadaan legalitas juga memudahkan kamu untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak.

Tentu perusahaan-perusahaan profesional hanya akan mau bekerja sama dengan PT yang sudah legal.

4. Menunjukkan Kualitas PT

Bukan hanya terkait kredibilitas struktural tertinggi perusahaan, legalitas  PT juga mencerminkan kualitas keseluruhan PT.

Misalnya, integritas karyawan, kedisiplinan dalam menyelesaikan pekerjaan, dan lain sebagainya. Meskipun SDM dan SDA perusahaanmu bagus, jika tidak ada legalitas, pemerintah bisa membubarkannya kapan saja.

Inilah pentingnya legalitas PT. Tanpa payung hukum, para pekerja pun akan berpikir ratusan kali untuk bertahan di perusahaan tersebut.

5. Modal Persaingan dengan Kompetitor

Untuk persaingan bisnis yang seimbang, tentu legalitas adalah hal yang wajib. Dengan keberadaan payung hukum, tidak akan ada pihak yang bisa menumbangkan sebuah PT tanpa alasan yang memadai.

6. Bisa Mengambil Kredit di Bank

Ketika membangun usaha, mengambil kredit di bank adalah hal biasa. Justru pinjaman adalah strategi jitu untuk mengembangkan perusahaan di momentum yang tepat.

Sayangnya, bank hanya melayani perusahaan yang memiliki legalitas PT. Perizinan ini berkaitan dengan jaminan terhadap pinjaman dan memastikan penggunaannya sesuai.

7. Lebih Mudah Menarik Investor

Perseroan Terbatas (PT) merupakan badan usaha yang kepemilikannya melibatkan banyak pihak. Minimal, antara direktur perusahaan dengan seluruh pemegang saham PT tersebut.

Dengan sistem tersebut, tugas PT bukan hanya mensukseskan profit perusahaan, namun juga menarik sebanyak mungkin investor. Pada fungsi pertama, sebuah PT tanpa legalitas masih bisa berfungsi. Namun pada fungsi kedua, akan sangat sulit.

Setiap investor akan memilih perusahaan yang terjamin profesional untuk menyimpan uang mereka. Sedangkan PT yang belum memiliki legalitas, mempunyai resiko tinggi.

Demikian ulasan lengkap mengenai pentingnya sebuah legalitas untuk badan usaha. Dengan berbagai strategi yang memudahkan pengusaha mendirikan perusahaan, sayang sekali jika kamu tidak memanfaatkannya untuk membuat legalitas PT.

Leave a Reply