You are currently viewing 3 Syarat Mendirikan PT yang Wajib Kamu Ketahui

3 Syarat Mendirikan PT yang Wajib Kamu Ketahui

Sejak tahun 2021, pemerintah secara resmi merilis undang-undang baru mengenai syarat mendirikan PT.

Peraturan ini terbit bersamaan dengan undang-undang cipta kerja yang saat itu sempat menuai kontroversi.

Perubahan undang-undang mengenai PT cukup signifikan daripada peraturan sebelumnya. Oleh karena itu, penting sekali untuk meng-update informasi ini, terutama bagi kamu yang berminat mendirikan usaha sendiri.

Secara umum, syarat untuk mendirikan PT tahun 2021 lebih ringan dan fleksibel. Bahkan, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa kini, setiap orang bisa mendirikan PT mereka sendiri.

Syarat Mendirikan PT yang Harus Terpenuhi

Kewajiban untuk memenuhi syarat mendirikan PT sesungguhnya adalah dalam rangka melindungi PT itu sendiri.

Sebagai sebuah badan usaha yang menaungi banyak karyawan, perlindungan hukum bersifat sangat penting.

Berikut beberapa persyaratan mendirikan PT:

1. Satu Orang Sebagai Pemilik

Banyak kalangan memberikan tanggapan positif terkait legalitas PT perorangan oleh undang-undang baru. Dengan demikian, kamu bahkan bisa mendirikan PT seorang diri.

Namun peraturan ini hanya mencakup bisnis level kecil atau Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Untuk taraf lebih besar, kamu membutuhkan dua orang.

Dua orang ini terdiri dari pemilik perusahaan dan pemilik saham. Dalam prakteknya, pemilik saham sebenarnya dapat menjabat dalam struktural perusahaan, begitupun sebaliknya.

Namun dalam proses administrasi, keduanya harus ditempati oleh dua orang berbeda.

2. Berkas Administrasi yang Dibutuhkan

PT adalah sebuah badan usaha resmi. Dengan demikian, pendiriannya membutuhkan berkas-berkas administrasi yang konkrit dan aktual.

Kebutuhan berkas untuk mendirikan PT tidak banyak. Peraturan undang-undang terbaru mencantumkan

  • Fotocopy/scan e-KTP pemilik usaha, saham, maupun seluruh anggota yang terlibat (jika ada);
  • Fotocopy/scan NPWP dari seluruh pemegang saham dan pemilik usaha;
  • Sertifikat kepemilikan bangunan usaha/kontrak sewa.

3. Notaris

Syarat mendirikan PT selanjutnya adalah notaris. Notaris adalah pihak yang bekerja dalam bidang administrasi legalitas PT.

Mengurus persyaratan administrasi memang sedikit sulit bagi orang-orang awam. Alasannya, mereka belum memahami bagaimana prosedur dan kebijakan teknis dari masing-masing lembaga.

Berbeda dengan para notaris yang memang sudah berkecimpung dalam dunia tersebut. Dengan menyerahkan perkara kepada mereka, kamu tinggal menerima beres saja dari cara mendapatkan legalitas PT yang cukup rumit.

Keuntungan Menggunakan Jasa Pembuatan PT

Salah satu syarat mendirikan PT adalah notaris. Pertanyaannya, apakah notaris sama dengan jasa pembuatan PT?

Jawabannya adalah ya. Jasa pembuatan PT juga meliputi kerja notaris. Bahkan beberapa lembaga jasa menyediakan beberapa paket layanan sehingga fasilitas untuk client lebih beragam.

Secara umum, perusahaan pembuatan PT biasanya melayani pembuatan akta kepemilikan PT, pengesahan SK Menkumham, NPWP perusahaan, pembuatan nomor induk, dan surat kontrak minimal selama 1 tahun.

Dengan adanya jenis-jenis paket layanan, otomatis biaya membuat PT pun beragam. Kamu bisa memilih untuk menyesuaikan paket sesuai dengan modal awal yang dimiliki.

Tidak kalah penting untuk memastikan sudah menggunakan jasa PT yang tepat. Ketepatan ini meliputi keamanan, kualitas notaris, pengalaman, dan harga terbaik dari jasa tersebut.

Dengan menggunakan jasa pembuatan PT, kamu bisa menikmati proses mendirikan perusahaan yang mudah, cepat, murah, dan pastinya memberikan hasil memuaskan.

Jangan lupa untuk melakukan survey mendalam terlebih dahulu sebelum memutuskan memilih jasa.

Demikian ulasan lengkap mengenai aspek yang harus dimiliki jika ingin mendirikan PT. Dengan syarat mendirikan PT yang mudah, apalagi dengan bantuan jasa, peluang mendirikan bisnis mandiri terbuka lebar untuk setiap orang.

Leave a Reply